Jeruk Nipis untuk Meningkatkan Kualitas Beras

Sebagian penduduk Indonesia, khususnya masyarakat kategori miskin mengonsumsi beras bersubsidi atau yang dikenal dengan sebutan “raskin”. Fakta menunjukkan bahwa beras bersubsidi kadang-kadang belum layak untuk dikonsumsi dikarenakan kualitas yang masih di bawah standar. Dilihat dari segi warna, beras bersubsidi berwarna kuning, teksturnya tidak bagus dan pecah-pecah, rasanya pun kurang enak dan tidak pulen, bahkan aromanya terasa apek. Sementara itu, kondisi beras dengan standar normal, yakni kadar air 14% dan butir patah 20%. Komponen persyaratan ini akan ditambah tiga komponen lagi, yaitu, derajat sosoh minimal 95%, butir menir maksimal 2%, dan butir kuning maksimal 3%.

Berdasarkan fakta di atas, dilakukan penelitian guna mencari alternatif meningkatkan kualitas beras, khususnya raskin. Dengan memanfaatkan asam sitrat dalam jeruk nipis (citrus aurantifolia) sebagai alternatif meningkatkan kualitas  beras bersubsidi.
Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang sering digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk menghilangkan kotoran pada peralatan dapur seperti piring, gelas dan sendok. Jeruk nipis adalah bahan pembersih yang alami, dengan demikian jeruk nipis dapat digunakan pada bahan makanan. Salah satu kandungan yang ada dalam jeruk nipis sebagai pembersih ini adalah asam sitrat.

“Asam sitrat telah lama dikenal sebagai bahan kimia untuk membuat manisan. Selain itu, dapat membersihkan bak kamar mandi, memutihkan pakaian, dan perasa asam pada minuman. Kandungan asam sitrat di dalamnya berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga mampu mengawetkan makanan.

Pada prinsipnya asam sendiri bersifat sebagai pelarut, sehingga mampu digunakan sebagai pembersih. Dalam hal ini, mampu mengubah kondisi awal beras yang dimasak (bersifat alkali) menjadi bersifat asam lemah. Selain itu, asam sitrat pada jeruk nipis mampu membuat rasa segar pada masakan.

Proses pembuatannya, jeruk nipis dibersihkan, dipotong, diperas dan ditambahkan gula. Campuran ekstrak jeruk dapat ditambah dengan sari pandan atau sari daun suji. Estrak Jeruk Nipis kemudian dimasak dalam suhu tinggi sampai mengental dan keras. Kemudian, diangkat dan ditiriskan sampai suhu turun. Selanjutnya, dihaluskan menjadi serpihan dan bubuk siap pakai. “.Bahan siap digunakan untuk menambah kualitas raskin. Selamat mencoba. (witono/aw).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s