Melirik Peluang Usaha Beras

Usaha toko beras memang bukan jenis usaha baru. Namun, perlu dicermati bahwa usaha ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan usaha lainnya yang sekarang banyak bertebaran. Sebab, beras merupakan salah satu kebutuhan yang paling pokok, dengan kata lain semua manusia membutuhkan nasi setiap harinya.

Untuk itu perlu perlu ada langkah-langkah persiapan sebelum membuka usaha ini, antara lain :

1. Sediakan jumlah modal yang sesuai dengan skala usaha toko beras Anda. Dengan modal ini, belilah beberapa merk beras yang umum dipasaran

. 2. Ketahuilah selera dan karakteristik masyarakat sekitar toko Anda. Dengan demikian, Anda lebih mengetahui merk dan kualitas apa saja yang mereka butuhkan dan minati. Misalnya, jika Anda berjualan di lingkungan padat penduduk, sesuaikan kualitas yang anda jual dengan kantong mereka.

3. Tentukan lokasi toko beras Anda. Jika Anda menginginkan lokasi yang bersatu dengan bangunan rumah, maka Anda harus membangun ruang khusus atau memodifikasi ruang yang telah ada di bagian depan rumah Anda. Lokasi strategis merupakan salah satu faktor yang menentukan kemajuan usaha anda.

4. Melakukan survei tentang di mana Anda dapat memperoleh pasokan barang dagangan dengan harga yang lebih murah tanpa mengorbankan kualitas.

Langkah-langkah realisasi:

  1. Buatlah toko anda berbeda dari toko lainnya. Misalkan anda juga menjual gas elpiji atau air galon sebagai gandengan agar pelanggan tidak perlu pergi kebanyak toko lainnya, sehingga akan menciptakan image “One Stop Shopping” bagi toko anda.
  2.  Bersikap ramah dan hangat terhadap pembeli. Akan lebih baik jika Anda melayani pembeli dengan senyum, sedikit basa-basi dan obrolan kecil yang membuat akrab dengan sang pelanggan.
  3. Taksirlah seberapa banyak stok barang dagangan yang harus Anda beli dalam jangka waktu tertentu. Untuk barang-barang yang sangat diminati pembeli, belilah agak banyak daripada yang lebih sedikit diminati.
  4. Pada tahap awal usaha, kelola keuangan toko dengan cermat. Gunakan keuntungan untuk berinvestasi memperbesar usaha daripada menghambur-hamburkannya untuk hal-hal konsumtif.

Langkah-langkah marketing:

  1. Buatlah sebuah papan dengan nama toko Anda, untuk mempermudah orang yang lewat atau calon pembeli mengenali toko kelontong Anda.
  2. Patok dengan harga yang tidak terlalu mahal untuk awal agar memberikan image MURAH pada toko anda
  3. Jika anda punya dana lebih gunakan untuk mencetak brosur, agar dapat dibagi di perempatan jalan atau lampu merah didaerah anda.
  4. Usahakan anda memberikan layanan delivery untuk memudahkan pelanggan
  5. Gunakan metode klasik word of mouth. Untuk yang satu ini Anda dapat melakukannya dengan bantuan tetangga, atau anggota keluarga.

Tantangan:

  1. Jumlah keuntungan yang didapat per harinya berfluktuasi karena bergantung pada banyak faktor. Kadang toko Anda tidak dikunjungi satu pembeli pun, kadang sangat ramai.
  2. Mudahnya menjalankan usaha dan banyaknya toko kelontong membuat persaingan menjadi ketat.
  3. Lokasi yang Anda pilih (biasanya rumah) tidak berada pada jalur yang dilewati banyak orang, sehingga hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan toko.
  4. Anda harus bergelut dengan hal yang sama setiap hari, yaitu tinggal di rumah dan melayani pengunjung. Rasa bosan pastilah muncul.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s