Peluang Usaha Beras

Komoditi beras merupakan bisnis yang sangat menggiurkan di Indonesia. Kenapa tidak? Berbagai tingkatan masyakat bahkan berbagai usia yang ada. Beras merupakan makanan pokok yang wajib dikonsumsi sejak dahulu kala di Negara ini. Mereka menyatakan beras adalah kehidupan, kesehatan, keamanan, masa depan dan langkah hidup mereka. Dalam sehari tidak mungkin orang Indonesia akan bersedia meninggalkan beras.

Nah, berikut sekelumit penjelasan singkat mengenai beras guna menambah khasanah anda

Beras adalah bagian butir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam bahasa jawanya adalah Merang, secara anatomi ilmiah disebut palea dan lemma.

Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi. Gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah yang disebut Beras. Beras sendiri memiliki berbagai warna, yaitu : putih, kemerahan, ungu atau bahkan hitam, yang sering disebut ketan atau beras ketan. Beras ketan berasal dari Padi Ketan.

Secara genetik, jenis beras memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut seperti tertuang diatas, yakni warna. Perubahan warna disebabkan karena adanya gen yang mengatur warna dari aleuron, endospermia dan komposisi pati pada endospermia. Berikut dibawah beberapa warna dan jenis beras yang perlu anda ketahui.

Beras biasa yang berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
Ketan(atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s